Kuatkan Peran Koperasi Balitbang Kemendikbud menjadi lebih Sehat, Kuat dan Sejahtera

Jakarta, 26 Februari 2022 --- Suatu gairah baru dalam pengelolaan koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud telah dimulai pada Sabtu 26 Februari 2022, yang ditandai dengan serah terima antara pengurus dan pengawas yang lama kepada pengurus dan pengawas yang baru.

 

Dari hasil rapat, terpilih beberapa pengurus baru koperasi  periode 2022-2024. Jabatan ketua diamanahkan kepada Andry Rihardika, S.Kom.,M.M., Wakil ketua Adi Setiawan Tri Wahyudi, S.Kom., Sekretaris Nana Nurhayati, S.Pd., M.A., Bendahara I Ellis Darmayanti, SE., M.M., Bendahara II Hasti Kusumawati SE. Usai terpilih kepengurusan baru, langsung dilakukan serah terima jabatan. Ketua Koperasi pengurus lama Hafidz Muksin, S.Sos., M.Si., menyerahkan Capaian Kinerja Koperasi 2019-2021 kepada pengurus baru. Selain itu adanya penyegaran kepengurusan Pengawas, dimana Khairur Raziqiin sebagai Ketua pengawas, Sekretaris pengawas Abdul Rohman Hakim,S.Pd.I., dan Ana Munifah, S.E., sebagai anggota pengawas.

 

Dalam acara serah terima jabatan ini, diadakan pula kegiatan bimbingan teknis pengurus, pengawas, dan karyawan dengan mengundang narasumber dari Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) yang membawakan materi tentang “Peningkatan Manajemen Koperasi Modern”. Juga mengundang Praktisi Aplikasi Akuntansi Koperasi dengan membawakan materi praktik tentang “Peningkatan Sistem Akuntansi Modern”.

 

Acara yang dilangsungkan 26 sampai dengan 27 Februari 2022 di Mega Hotel & Resort Jalan Raya Puncak Km 75, Cipayung, Bogor ini mengundang Sekretaris BSKAP yang diwakilkan oleh Ketua Koperasi Pegawai Balitbang Bapak Hafidz Muksin S.Sos., M.Si, serta dihadiri oleh pengurus, pengawas, dan karyawan koperasi lama dan seluruh pengurus, pengawas, dan karyawan koperasi yang baru.

 

Dalam penjelasannya, Ketua Koperasi Balitbang saat diminta memberikan sambutan menyampaikan adanya harapan yang besar atas peran yang strategis pada koperasi untuk menunjang kesejahteraan pegawai Balitbang.

 

“Melalui kegiatan serah terima jabatan yang sekaligus diklat ini dapat menghasilkan para pengelola koperasi yang memiliki dedikasi, kompetensi dan jejaring yang kuat. “Pengelolaan Koperasi harus memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta layanan sesuai tuntutan anggotanya. Serta menumbuhkan budaya meningkatkan kompetensi anggotanya dalam kehidupan berkoperasi. Hal yang paling penting adalah bagaimana pengurus mengelola dengan cerdas dan amanah, serta melaksanakan apa yang telah ditetapkan melalui Rapat Anggota,” ujar Hafidz.

 

Sedangkan Ketua Pengawas Koperasi Balitbang, Nur Berlian Venus Ali juga mengapresiasi atas perkembangan tiga tahun terakhir pada Koperasi Balitbang.

 

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus koperasi yang lama, atas upaya dan kerja kerasnya sehingga dalam tiga tahun terakhir menunjukkan penggelolaan yang lebih baik, terutama dengan tersistemnya pembukuan akuntansi, sehingga masing-masing anggota bisa secara mandiri mengetahui data keuangan secara online dan cepat, jelasnya”.

 

Dalam sambutannya, beliau juga memberikan selamat dan apresiasi untuk ketua koperasi yang lama atas terpilihnya sebagai tokoh koperasi berprestasi.

 

Sementara Ketua Pengurus Koperasi Pegawai Balitbang yang baru, Andry Rihardika, menyampaikan harapan terkait tugas yang diembannya beserta pengurus yang lain.

 

“Ada beberapa hal yang akan kita terus kembangkan dan pertahankan dalam kepengurusan koperasi yang masa jabatannya sekitar 3 Tahun kedepan diantaranya adalah pengoptimalan penggunaan dana sosial untuk kepentingan anggota, meningkatkan pelayanan toko online, merealisasikan adanya usulan untuk menunjuk seorang manager yang akan mengelola koperasi secara profesional, serta memperbaiki dan menyelesaikan persoalan pengelolaan keuangan ada yang nunggak sebelumnya,” tuturnya.

 

Selanjutnya, dalam acara  sharing praktik baik disampaikan tentang pengelolaan simpan pinjam, pengelolaan toko, dan pengelolaan fotocopy dan travel pengurus dan pengawas periode tahun 2019-2021.

 

Menutup pesan dalam acara serah terima pengurus dan pengawas koperasi, Ketua Koperasi lama Hafidz Muksin berharap koperasi bisa menjadi perahu kesejahteraan bersama.

 

“Dalam pengelolaan laporan akuntansi kita mengenal filosofi akuntansi yaitu balance itu belum tentu benar, tetapi jika benar pasti balance,” ucapnya.

 

Maka, ini adalah sebagai fondasi kebangkitan kita bersama, dimana usia koperasi pegawai Balitbang sudah 36 tahun, dan momen ini menjadi tonggak untuk bisa meningkatkan performance koperasi kita supaya perkembangannya bisa ditingkatkan dan meneruskan kepengurusan sebelumnya dengan baik. Tutupnya.

 

Pada hari ke dua, 27 Februari 2022 acara serah terima jabatan ditutup dengan kegiatan “Peningkatan Komitmen dan Kerjasama Mewujudkan Koperasi yang Sehat, Kuat dan Sejahtera”. Dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan ucapan syukur atas terpilihnya kepengurusan baru agar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban serta bertanggung jawab untuk meneruskan Koperasi Balitbang Kemendikbud menjadi tempat kepercayaan anggota yang terpercaya dalam mengelola keuangan mereka. (NN)