Pembinaan dan Patok Banding

Pembinaan Pengelolaan Koperasi dan Patok Banding Berbagi Praktek Baik

Jakarta, Rabu (29/9/2021), Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbudristek mendapatkan kehormatan untuk menerima kunjungan pembinaan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Perindusterian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan pembinaan dilakukan di Ruang Rapat B1 Balitbang Kemendikbud, Senayan-Jakarta Pusat, oleh Zacky Alfakir dan Susanti selaku pembina koperasi wilayah Jakarta Pusat.

Dalam sambutan penerimaannya Hafidz Muksin, selaku Ketua Koperasi, menyampaikan bahwa sebuah kehomatan dan sangat senang dapat menerima para delegasi pembina Pusdiklat PPKUMKM Jakarta Pusat. “Ini kali pertama mendapatkan kunjungan pembinaan, dan merupakan kesempatan baik untuk mendapatkan arahan guna meningkatkan kinerja usaha koperasi di masa pandemi” tutur Hafidz.

Hafidz berharap pembinaan tersebut dapat dijadikan salah satu media untuk bersilaturahmi dan penyampaian laporan perkembangan serta saling tukar informasi mengenai kebijakan dan manajemen koperasi, sehingga dapat memberikan masukan dan wawasan baru dalam pengelolaan koperasi yang lebih profesional untuk kesejahteraan anggota.

Zacky Alfakir menyambut baik penerimaan Koperasi Pegawai Balitbang, dan merasa bangga dengan pengelolaan koperasi yang sudah baik serta profesional dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. “Saya menilai Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud sudah menerapkan prinsip koperasi modern, serta talah melakukan kolaborasi dan bermitra dengan UMKM dalam rangka kerja sama usaha” papar Zacky. 

Pada kesempatan yang sama Koperasi Pegawai Balitbang juga mendapatkan kunjungan patok banding dari Koperasi Wirausaha Kecamatan Duren Sawit, yang bertujuan ingin mendapatkan penjelasan terkait pengelolan usaha koperasi, serta praktek baik yang telah dijalankan selama ini, sehingga Koperasi Pegawai Balitbang sukses mendapatkan predikat terbaik di DKI Jakarta. Delegasi terdiri atas pengurus dan pengawas yang dipimpin langsung oleh Arvi Sukmawijaya selaku Ketua. “Terima kasih atas penerimaannya, dan merupakan kesempatan kami untuk belajar kesuksesan dari Bapak Hafidz Muksin, sebagai Ketua bagaimana kiat memajukan koperasi dan sekaligus menjajagi kemungkinan bekerja sama di masa depan” papar Arvi dalam sambutannya.

Hafidz Muksin selanjutnya memaparkan program dan kinerja usaha koperasi serta perkembangan unit-unit usaha yang dijalankannya. Salah satu kunci keberhasilan yang disampaikan diantaranya bahwa koperasi harus mampu meningkatkan kepercayaan anggotanya, dengan cara menertibkan administrasi keuangan dengan baik, transparan dan akuntabel, sehingga seluruh kegiatan dapat dipertanggungjawabkan. Selanjutnya untuk menghidupkan roda koperasi, anggota dan pengurus harus aktif memanfaatkan usaha yang dikelola. Hal lainnya adalah manfaat koperasi harus dapat dirasakan oleh anggotanya maupun lingkungan sekitarnya. “Koperasi tidak hanya mengutamakan pendapatan usaha, namun lebih dari itu harus memiliki manfaat sosial untuk anggota dan masyarakat” sambung Pria yang menjadi nominasi Tokoh Koperasi Berprestasi tahun 2021.

Sementara itu juru bicara dari delegasi Koperasi Wirausaha Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Selatan, Arvi Arvi Sukmawijaya menyampaikan terimakasih atas penerimaan dari pihak Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud, dan kami akan belajar bagaimana mengelola beberapa kegiatan usaha yang dilakukan demi menghidupkan meningkatkan usaha koperasi yang dijalankan. “Kami berharap dapat menyerap pengalaman baik dan pembelajaran dari Koperasi Pegawai Balitbang, dan ke depan dapat bekerjasama dalam pemasaran produk makanan dan jenis usaha lainnya yang kami miliki agar dapat dipasarkan” ujar Arvi.

Dalam sesi diskusi yang berlangsung hangat dan akrab, antara Pengurus Koperasi Pegawai Balitbang yang hadir antara lain Syaryanis selaku Bendahara, dan Adhika Widhi Nugraha selaku Sekretaris, serta Ashari, Aldya, Nova dan Tari bersama Pembina Koperasi dari Pusdiklat, serta rombongan delegasi Koperasi Wirausaha Kecamatan Duren Sawit menambah lengkap informasi yang diterima oleh masing-masing pihak. (HM)