Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud Kolaborasi dengan Jakpreneur

Jakarta, 29/06/2021. Kondisi pandemic covid-19 telah dirasakan dampaknya oleh para pelaku usaha,  antara lain terjadinya penurunan daya beli konsumen, sulitnya memasarkan produk, dan bahan baku yang harganya meningkat.  Lesunya tingkat permintaan konsumen, dan banyaknya outlet yang gulung tikar menjadi semakin mempersulit sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan usahanya.

Kondisi tersebut telah memberikan inspirasi, semangat dan kreatiivitas dari Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, melalui program Jakpreneur.   Melalui Jakpreneur  diharapkan dapat menjadi wadah kreasi, fasilitasi, dan kolaborasi pengembangan UMKM yang dilakukan melalui ekosistem kewirausahaan, seperti start-up, institusi pendidikan, maupun institusi pembiayaan. Program ini juga memberikan fasilitas pengembangan usaha melalui tahapan pendaftaran, pelatihan, pendampingan, fasilitasi perizinan, fasilitasi pemasaran, fasilitasi pelaporan keuangan, dan fasilitasi akses permodalan.    

Hafidz Muksin menuturkan, masyarakat yang mengikuti program Jakpreneur memiliki kesempatan memperoleh fasilitas agar dapat berkembang secara kolaboratif. Diantaranya, dengan memberikan akses terhadap fasilitas pendampingan berkala, pelatihan untuk memicu tumbuh kembang serta kreasi UMKM, akses permodalan ke perbankan/lembaga/pihak lainnya, pemasaran, serta legalitasnya dalam ruang kota.  Hal tesebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Perindusterian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kota Administratif Jakarta Pusat saat beraudiensi di Kantor Pemerintahan Jakarta Pusat.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud pada tahap awal melakukan kolaborasi dengan tiga UMKM yang telah tergabung dalam Jakpreneur.  Melalui kolaborasi tersebut diharapkan dapat membantu memasarkan produk unggulan pemilik usaha, dan meningkatkan variasi jenis produk yang dipasarkan di Toko Koperasi Pegawai Balitbang. Kolaborasi tersebut ditandai dengan Penandatangan Perjanjian Kerja sama (PKS) antara Hafidz Muksin, selaku Ketua Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud dengan ketiga Mitra yang tergabung dalam Jakprenour di wilayah Kecamatan Tanah Abang. Penandatangan PKS dilakukan di Kantor Balitbang dan Perbukuan Kemendikbudristek, Senayan – Jakarta Pusat.

Daftar UMKM dan produk unggulan Jakpreneur Jakarta Pusat

NO

 

NAMA PEMILIK

PRODUK

VOLUME

HARGA RESELLER

MASA KADALUARSA

1

Mutiyah

Gulali

150 gr

15.000

2 hr

 

 

Popcorn

150 gr

15.000

5 hr

 

 

peyek

150 gr

15.000

5 hr

 

 

 

 

 

 

2

Yurike Ramandey

Krupuk Papeda

60 gr

20.000

7 bln

 

 

Dodol

100 gr

20.000

7 hr

 

 

 

 

 

 

3

  Tuti Mulyaningsih

Jahe merah

200 gr

30.000

6 bln

 

 

Jahe Wangi

100 gr

10.000

6 bln

 

 

Beras kencur

100 gr

15.000

6 bln

 

 

Kunyit asem

100 gr

10.000

7 hr

 

 

Jahe merah

100 gr

10.000

7 hr