Semangat dan Kolaborasi Memajukan Koperasi

Berbicara tentang Koperasi begitu menarik dan seolah tidak mengenal waktu saat dua orang tokoh dan pelaku koperasi bertemu secara luring. Pagi itu, Kamis 24 Juni 2021 dilakukan audiensi oleh Hafidz Muksin selaku Ketua Koperasi Pegawai Balitbang dengan Derliana Melinda Sagala Kepala Suku Dinas Perindusterian, Perdagangan, Koperasi UMKM Jakarta Pusat. Hafidz juga didampingi oleh Adhika Widia Nugraha selaku Sekretaris, dan Syaryanis selaku Bendahara, serta tiga orang Karyawan Koperasi. Sementara Melinda didampingi oleh Sarrtono dan Sandy Pratama selaku Penyuluh Koperasi. 

Audiensi yang berlangsung selama hampir dari dua jam tersebut, membahas berbagai hal terkait dengan program dan upaya untuk kemjuan koperasi di masa pandemic covid-19 yang masih berlangsung. Hafidz mengungkapkan, bahwa situasi dan kondisi pandemic covid-19 telah meluluhlantahkan sendi-sendi perekonomian seluruh sektor tanpa kecuali usaha koperasi. 

Pandemi Covid-19 Berdampak pada Usaha Koperasi

Lebih lanjut Hafidz menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka penyelematan usaha koperasi agar tetap tumbuh dan kuat, antara lain melalui penjualan paket kesehatan, penjualan sembako, dan peningkatan usaha besama para usaha mikro kecil dan menengah. Kerja sama usaha juga telah dilakukan terkait permodalan dengan perbankan, travel dan ticketing, serta penyediaan perumahan.

Namun disadari bahwa kebiasan baru (new normal) dalam pelaksanaan pekerjaan saat ini yang semula luring menjadi daring, telah mengubah tatanan kebutuhan layanan, Usaha Fotokopi merupakan unit usaha yang mengalami dampak sangat signifikan. Permintaan pencetakan dan penggandaan dokumen seminar, rapat kerja, ataupun pelatihan nyaris tidak ada lagi, karena saat ini dokumen tersebut tidak lagi dibutuhkan secara fisik, cukup diberikan dalam bentuk softfile.

Kolaborasi pasarkan produk UMKM

Hal lain yang didiskusikan adalah terkait upaya kolaborasi bersama UMKM di wilayah Jakarta Pusat galam program JakPreneur. Melalui Jakpreneur saatnya berkolaborasi untuk mengembangkan potensi usaha di Jakarta dengan kemandirian dan keterampilan. Melinda sangat antusias dalam mempromosikan produk-produk binaanya agar dapat dipasarkan oleh Koperasi Pegawai Balitbang. Menurut Melinda, dalam situasi kondisi perekonmian saat ini, maka UMKM menjadi penopang sektor ekonomi mikro agar tetap tumbuh. Dalam kesempatan itu, disepakati bahwa Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud akan menjadi Koperasi yang akan menjadi mitra UMKM, dan pada tahap awal ada tiga produk unggulan yang akan dijadikan mitra usaha.

Pemilihan Tokoh Koperasi Berprestasi

Melinda juga menyampaikan bahwa berdasarkan survai dan pengamatan, serta data dan informasi yang dihimpun, pada tahun 2021 Sudin Perindusterian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Jakarta Pusat mengusukan Hafidz Muksin selaku Ketua Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud sebagai nominasi tokoh Koperasi berprestasi, “Apresiasi dan penghargaan kepada Hafidz Muksin yang telah sungguh-sungguh dan penuh kreatifitas dalam memajukan koperasi, semoga menjadi contoh baik bagi koperasi lainnya” lanjut Melinda.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah Republik Indonesia terhadap insan koperasi di tanah air yang telah berpartisipasi aktif dalam perkembangan dan memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. Melalui penghargaan jasa bakti Koperasi diharapkan akan meningkatkan citra koperasi di masyarakat dan sekaligus memberikan motivasi bagi koperasi untuk berkarya lebih baik.

Meriahkan HUT Koperasi tahun 2021

Hari Koperasi Nasional tahun 2021 yang akan diperingati tanggal 12 Juli 2021, juga menjadi topik diskusi. Hafidz Muksin memaparkan rencana mengadakan Webinar Nasional, bertajuk “Koperasi tetap Sehat dan kuat, di masa pandemic covid-19”. Tujuannya adalah menggali  prinsip dasar dan fungsi koperasi sebagai soko gurunya perekonomian masyarakat, yang perlu digerakan kembali di masa pandemic covid-19.

Webinar rencana akan menghadirkan tokoh koperasi seperti Prof. Dr; Meutia Hatta, Dr. Burhanuddin Abdullah,MA Rekor Institut Manajemen Koperasi Indonesia, dan dibuka oleh Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UMKM.  Pelaksanaan gelaran ini adalah kolaborasi antara Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud dengan PKPRI DKI Jakarta dan Sudin Perindusterian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Jakarta Pusat.

Melinda sangat menyambut baik rencana webinar tersebut, dan akan turut mendukung agar rencana tersbeut dapat terlaksana dan memberikan penguatan serta semangat bagi perkembangan koperasi di Indonesia. (HM)