KOPERASI PEGAWAI BALITBANG GELAR RAT TAHUN BUKU 2017

RAT sebagai Pencerminan Kekuasan Tertinggi

Koperasi pegawai Balitbang Kemendikbud menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017, pada hari Rabu, 28 Februari 2018 di Graha Utama, Plaza Insan Berprestasi, Kemendikbud Senayan Jakarta. Acara yang dilaksanakan sebagai pencerminan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi ini dihadiri oleh Totok Suprayitno, Kepala Balitbang Kemendikbud selaku Dewan Pengarah. Hadir pula Dewan Pembina yang terdiri atas Dadang Sudiyarto, Sekretaris Balitbang, Awalludin Tjala, Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Muktiono Waspodo, Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. Pembukaan diawali dengan Laporan Kinerja Koperasi selama tahun buku 2017 yang disampaikan oleh Hafidz Muksin, selaku Ketua Umum Koperasi Periode 2016-2018, dilanjutkan dengan pengarahan Tumarno dari Suku Dinas Koperasi dan UKM Kotamadya Jakarta Pusat, dan Zulhasrin Pengurus Koperasi PKPRI DKI Jakarta. Antusiasme anggota menghadiri RAT cukup besar, dari 381 anggota, terdaftar 299 anggota malakukan konfirmasi secara online dan hadir pada acara RAT tersebut.

Utamakan Kemanfaatan dan Kesejahteraan Anggota

Kepala Balitbang dalam pengarahannya menyampaikan perlunya kehati-hatian dalam mengelola Koperasi sebagai amanah Anggota. “Dalam mengembangkan usaha agar dilakukan dengan prinsip kehati-hatian dan prinsip kemanfaatan untuk kesejahteraan Anggotanya” papar Totok. Lebih lanjut Totok menyarankan agar para Anggota turut serta meningkatkan partisipasinya dalam memanfaatkan dana yang ada di Koperasi untuk kepentingan rintisan usaha menjelang purna tugas. Totok juga memberikan apresasi kepada Koperasi Pegawai Balitbang yang tumbuh sehat dan berkembang terus menerus untuk memberikan layanan dan keuntungan sisa hasil usaha kepada Anggotanya. “Koperasi Pegawai Balitbang menurut saya merupakan Koperasi yang terbaik di lingkungan Kemendikbud, bahkan ada Koperasi Unit lainnya yang mengalami masalah” jelas tokoh yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemendikbud. Apresiasi diberikan karena tahun ini Koperasi Pegawai telah dilakukan audit oleh Akuntan Publik. Untuk meningkatkan usaha Koperasi, disarankan untuk dilakukan layanan berbasis online, kerjasama dengan Tokopedia, inovasi usaha ke depan yang tidak beresiko, serta bentuk SHU dalam upaya pembekalan atau bimbingan teknis kepada anggota yang akan memasuki usia pensiun.

Koperasi pegawai Balitbang mendapatkan nilai A

Komitmen Pengurus untuk meningkatkan akuntabilitas kinerjanya, dilakukan dengan menyelenggarakan RAT tepat waktu. Usaha ini memperoleh apresiasi dari Pusat Koperasi Pegawai RI (PKPRI) Propinsi DKI Jakarta, sebagai Koperasi yang menyelenggarakan RAT lebih awal dari batas waktu tiga bulan setelah tutup buku. Berdasarkan data dari PKPRI, Koperasi Balitbang menempati urutan ke 29 dari 300 Koperasi. “Kami sampaikan selamat kepada Koperasi Pegawai Balitbang yang telah sukses menyelenggarakan acara RAT lebih awal, hal ini menandakan bahwa manajemen Koperasi ini sehat, dengan penyajian laporan yang baik dan telah diaudit oleh akuntan publik” papar Zulhasrin.

Layanan yang Mudah dan Murah bagi Anggota dan Masyarakat Tumarno dalam arahannya menyoroti tentang modal mandiri Koperasi yang sangat baik sebagai kekuatan usaha simpan pinjam, namun masih banyak yang mengendap tidak bergulir. “Modal usaha yang cukup besar dapat digunakan untuk pengembangan usaha kerjasama dengan Koperasi lain” saran Tumarno. Lebih lanjut disampaikan agar Koperasi tidak hanya mengutamakan pendapatan sisa hasil usaha namun lebih pada layanan mudah dan murah kepada Anggotanya, serta meningkatkan layanan kepada masyarakat lain yang membutuhkan. Di samping itu, kepengurusan Koperasi dipandang terlalu gemuk, sehingga perlu perampingan pada kepengurusan berikutnya, dan anggota yang sudah purna tugas dapat menjadi anggota kehormatan. Sebagai wujud peningkatan layanan tersebut, pada kempatan RAT diluncurkan layanan koperasi bebasis web, melalui laman www.koperasi-litbangdikbud.com yang menjadian layanan Koperasi semakin mudah, praktis dan cepat.

Laporan Pertanggungjawaban diterima secara bulat

Melalui pemaparan laporan pertanggungjawaban oleh Hafidz Muksin selaku Ketua Koperasi, dan para Ketua Bidang, yaitu Syaryanis selaku Ketua Bidang Usaha Simpan Pinjam, Ellis Darmayanti Ketua Bidang Usaha Toko, dan Andry Rihardika selaku Bidang Usaha Fotokopi dan Travel, serta Nur Berlian VA mewakili Pengawas, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Ibu Sri Hidayati dan Ibu Mila Puspitasari, seluruh pertanggung jawaban diterima oleh Anggota secara mufakat.

Banjir Hadiah untuk Apresiasi Anggota

Tradisi meriah dalam RAT terus dilakukan setiap penyelenggaraan RAT yang menjadi tambahan daya tarik bagi Anggota menghadiri RAT. RAT tahun buku 2017 menyediakan 132 doorprize dengan hadiah utama Tiket Pesawat Jakarta-Bali, PP, Voucer menginap Hotel Bintang 5 di Bali, Sepeda gunung, TV, serta berbagai barang-barang elektronik, dan hadiah menarik lainnya.