Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud Dinobatkan Sebagai Koperasi Modern Tahun 2021

Manajemen yang baik, restrukturisasi organisasi, pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang tepat waktu, dan unit usaha yang tetap bertahan di masa pandemic covid-19, serta kreatifitas layanan usaha melalui pemanfaatan teknologi informasi, telah menjadikan Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud sebagai Koperasi Modern di Wilayah Jakarta Pusat tahun 2021.  Penetapan sebagai Koperasi Modern tersebut dituangkan dalam Surat Kepala Suku DInas Perindusterian, Perdagangan, Koperasi UMKM Jakarta Pusat Nomor 1380/082.74 tanggal 21 Mei 2021.

 

Hafidz Muksin selaku Ketua Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud, mengucapkan syukur alhamdulillah atas penetapan tersebut. Lebih lanjut Hafidz mengatakan bahwa prestasi ini  sebagai sebuah penghargaan atas upaya yang telah dilakukan dalam memajukan dan mensejahterakan anggotanya, “Kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan merupakan upaya dalam memajukan Koperasi sehingga berdampak pada kesehateraan anggotanya melalui peningkatan sisa hasil usahanya” imbuh Hafidz

Sebagai Koperasi Modern tentu harus dapat mewujudkan tujuan akhir koperasi, yaitu  kesejahteraan anggotanya. Kesejahteraan dapat diwujudkan jika kebutuhan ekonomi anggota dapat disediakan oleh koperasi secara cepat, mudah, terjangkau dan bermutu. Inilah tantangan mendasar bagaimana koperasi modern mampu memenuhi kebutuhan anggota di tengah persaingan bisnis yang semakin tajam.

 

Koperasi Pegawai Balitbang Kemendikbud telah lama membangun budaya keterbukaan informasi publik (KIP) sebagai bentuk akuntabilitas kepada para anggotanya melalui   laman  http://koperasi-litbangdikbud.com. Berbagai informasi penting dan layanan dapat diakses dengan mudah oleh anggota serta oleh masyarakat. Laporan kinerja keuangan juga selalu diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, serta peran aktif dewan pengawas dan dewan pembina melalui monitoring dan evalusi secara terpadu.

Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan Balitbang Kemendikbud, seluruh Anggota, Dewan Pengarah, Dewan Pembina, Pengawas, Pengurus, Karyawan dan Mitra Usaha Koperasi yang telah bekerja bersama memajukan koperasi sehingga terpilih menjadi Koperasi Medern di wilayah Jakarta Pusat. Semoga Allah SWT memberikan   kesuksesan dan kemajuan untuk kesejahteraan anggotanya. (HM)